Cara Membuat Pakan Walet Hemat Tapi Memuaskan

Nah setelah beberapa artikel yang penulis bagikan yakni berkaitan dengan suara walet, kali ini kita akan membagikan bagaimana cara membuat pakan walet tambahan agar burung walet baru dan lama lebih seneng berada di dekat rumah burung walet anda. 

Pada musim kemarau serangga terbang dialam terbuka akan berkurang, nah untukmengatasi masalah tersebut kita dapat membuatkan pakan tambahan dengan mengembang biakan serangga terbang sendiri.  Emang sih, pada toko-toko perlengkapan burung walet sudah banyak juga menjual bahan untuk membuat pakan yang menghasilkan serangga terbang, namun harganya cukup menguras dompet.   Namun dengan cara membuat pakan hemat ini hasilnya akan lebih memuaskan daripada anda beli, caranya adalah sebagai berikut:

Gambar Pur/Pakan Ayam
Alat dan Bahan yang harus disediakan:
1.  Pur / Pakan Ayam 2 kilo
2.  Susu Kental Manis 1 kaleng
3.  Air secukupnya
4.  Bak Mandi

Cara Membuatnya
  • Masukkan ke dalam bak mandi Pur/Pakan Ayam dan juga susu kental manis lalu tambahkan air secukupnya kemudian aduk seperti mengaduk adonan kue sampai merata
  • Taruh didalam rumah burung walet
  • Tunggu 3-7 hari maka akan muncul banyak sekali ulat-ulat kecil yang nantinya akan menjadi serangga terbang
Itulah tips cara membuat pakan tambahan bagi pembudidaya walet.   Semoga bermanfaat.

Update : Tambahan dari Agan Andi Israk
Untuk mengatasi jamuran, taburi ragi diatas adonan.  Kalau masalah adonannya, saya pikir sedikit lebih encer yang penting airnya tidak melebihi 1cm diatas adonan karena proses pembusukan adonanan lumayan lama.

17 Responses to "Cara Membuat Pakan Walet Hemat Tapi Memuaskan"

  1. sudah bikin sesuai petunjuk diatas, tapi beberapa hari kok jamuran om,... (dan ulatnya nggak muncul),.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... saya raya adonan sobat kurang air, seharusnya air masih terlihat menggenang di adonan tersebut. Coba deh, karena cara ini sampai saat ini masih kami pakai

      Hapus
    2. Berarti kekentalan campuran harus sesuai ya @rahima_cantik. Saya akan senang sekali kalau saudari mau berbagi kesaya Tentang cara dan adonan yg sesuai. Mohon bantuannya..
      memethadisumantri@gmail.com

      Hapus
    3. Kalo bisa juga share ke saya dong cara dan adonan yg seesuai
      . Makasih
      Jimmytio183@gmail.com

      Hapus
  2. Untuk mengatasi jamuran, taburi ragi diatas adonan... kalau masalah adonan.y, saya pikir sedikit lebih encer yg penting airnya tdk melebihi 1cm diatas adonan kerna proses pembusukan adonanan lumayan lama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk sobat Andi Israk ini yang telah melengkapi artikel tentang cara membuat pakan walet. Betul sekali kata beliau tersebut

      Hapus
    2. Ragi yang di maksud ragi apa yah,, dan berapa banyak yang perlu di taburi??? Ditaburi setelah muncul jamur atau sebelum??thanks

      Hapus
  3. Bisa ga pur ayam satu kilo susu bungkos aja yng dipkai , 3.bungkos susu.. bisa jd ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bosku, tapi kalau pur ayam dikit hasilnya juga dikit

      Hapus
  4. Oouuh mklum mao cba2 pkai umpan jd buat nya dkit aja. Aq udah bikin satu hari udah mao bau,klau nya aq taburi ragi bgus ga hsil nya? Mksih ya rahima cntiand andi israk

    BalasHapus
  5. Klau bulih tao serangga nya mulai muncul plg lwas brpa hari, udah 5 hari ga ada satu funk serangga muncul..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3-4 Minggu biasanya dah jadi

      Hapus
    2. Nnya lg ya. Munya udah jd umpan nya sya taruh dlam rumh walet, umpan nya tu kita tmbh banyu apa d'biarin aja smpai hbis umpan nya

      Hapus
  6. masukan sedikit boss, mengenai metode ini bagi sya pribadi belum pernah coba,rbw sya sudah bnyak populasi walet nya, apakah dengan cara seperti ini yng menimbulkan bau busuk di dlm rbw, tidak berpengaruh pada populasi walet selanjutnya,trims

    BalasHapus
  7. setelah adonan selesai, apakah ember umpan trsebut harus ditutup total ataukah hanya ditutup dengan tutup yg sdh dilobangi kecil2..?? atau kh hanya dibiarkan terbuka sj smpai jd..?

    BalasHapus
  8. Apakah setelah kita kasih makanan tambahan akan menambah hasil di dalam gedung?

    BalasHapus
  9. Semut byk y dtng n mengancam nyawa burung walet muda

    BalasHapus