Manfaat dan Khasiat Sarang Walet Bagi Kesehatan

Manfaat Sarang Walet Bagi Kesehatan - Sarang Burung Walet memang menjadi salah satu dari sekian banyak produk herbal yang menjadi primadona, namun sayangnya sarang walet termasuk produk herbal yang sangat mahal.   Burung walet membuat sarang dengan menggunakan air liurnya.   Burung walet yang masih anakan memiliki ukuran tubuh yang lumayan mungil yakni sekitar 11 cm dengan berat tubuhnya kisaran 16 gram, dan untuk burung walet yang sudah dewasa kisaran 18 cm dengan memiliki berat tubuh mencapai 32 gram.

Walau memiliki ukuran yang mungil si liur emas yang ini merupakan salah satu dari sekian banyak binatang yang memiliki sesuatu yang spesial, dalam hal ini sang burung walet memiliki keistimewaan dengan harga sarangnya yang bisa dikatakan sangat mahal, bagaimana tidak untuk harga sarang yang baru dipetik saja kisarang 7-10 jutaan perkilogramnya.

Lalu, apa saja sih manfaat dan khasiat dari sarang burung walet ini hingga harga tergolong sangat mahal dan banyak para pebisnis walet rela menggelontorkan banyak uang untuk membudidayakannya.?  Kali ini Admin Petani Walet akan sedikit mengulas tentang beberapa manfaat dan juga khasiat dari sarang siliur emas ini.

Manfaat dan Khasiat Sarang Walet Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Sarang Walet

Kandungan nutrisi

Kandungan protein yang terdapat pada sarang burung walet ini merupakan protein yang mudah laur dalam air, sehingga memudahkan tubuh manusia untuk menyerap kandungan protein tersebut.   Total kadar protein yang terdapat pada sarang walet sekitar 65%, sedang sisanya terdiri dari lemak  23,3%, air sekitar 10%, dan terdapat juga karbohidrat 0,8%.   Selain terdapat protein terdapat pula kandungan mineral didalamnya seperti zat besi dan juga kalsium.   Ditambah lagi kandungan asam amino yang terdiri dari humin, amida, arginin, histidin, sistin, dan juga lisin.

Sumber Antioksidan

Air liur burung walet juga bisa bertindak sebagai agen manfaat antioksidan alami yang bisa mengatasi serangan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang menyerang dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan sel, kanker dan juga penuaan dini yang lebih cepat.

Khasiat Sarang Walet untuk reproduksi

Sarang burung walet dipercaya oleh banyak orang memiliki manfaat untuk menyehatkan sistem reproduksi.   Hal itu senada pula dengan hasil penelitian dari Chinese University of Hong Kong pada tahun 2003 yang menyatakan bahwa sarang walet memiliki manfaat mengoptimalkan fungsi tubuh dan hormon dalam tingkat yang yang sehat untuk sistem reproduksi yang optimal. Pengujian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mendukung atau membantah hasil studi ini.

Mendukung Kehamilan 

Sejak jaman dahulu di China, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air liur walet secara teratur. Manfaat air liur walet untuk ibu hamil adalah untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh, terutama ibu hamil yang masuk ke trimester pertama. Bahkan konsumsi secara teratur bisa membuat bayi yang dilahirkan lebih sehat, kulit yang sehat dan kulit ibu hamil juga menjadi lebih elastis.  

Mempertahankan Kecantikan Kulit

Air liur walet juga bisa digunakan untuk mempertahankan kecantikan kulit seperti untuk mengatasi penuaan dini. Selain itu, air liur walet juga bisa digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat harapan hidup lebih panjang.

Manfaat sarang walet dalam hal pengobatan

Secara tradisional, sarang burung walet diyakini memiliki khasiat untuk memperkuat paru-paru, serta telah digunakan untuk menyembuhkan dan memperkuat ketahanan tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan darah rendah, suhu tubuh tinggi, dan penyakit lainnya. Mengkonsumsi sarang burung juga dianjurkan untuk membantu pengobatan untuk penyakit degeneratif seperti kanker, juga untuk memulihkan kesehatan setelah sakit atau pasca operasi. Penelitian terbaru yang dilakukan di HongKong menyarankan bahwa sarang walet mungkin berguna dalam pengobatan AIDS. Hal ini juga telah diklaim bahwa sarang burung walet mengandung unsur-unsur yang bisa merangsang pertumbuhan sel, yang terutama bermanfaat bagi orang tua yang baru saja pulih dari penyakit.

Manfaat Sarang Walet Bagi wanita

Sarang burung walet terutama banyak dicari oleh para wanita, karena terdapat unsur yang bisa membuat kulit menjadi halus dan berseri-seri. Juga disebutkan bahwa bagi wanita yang sedang hamil, bahwa  mengkonsumsi sarang burung akan membuat bayi yang dilahirkan nanti memiliki halus dan mulus.

Membuat Kulit Menjadi Cantik

Konsumsi air liur walet secara teratur juga dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih cantik, karena mengandung beberapa zat yang bisa mendukung pertumbuhan sel kulit mati. Selain itu, zat asam amino sialat yang terdapat pada air liur walet juga bisa berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan mencegah kering. Air liur walet dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Mencerdaskan Otak 

Kandungan berbagai jenis asam amino dalam air liur walet dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan anak-anak. Hal ini berhubungan dengan sumber asam amino alami air liur walet yang setara dengan asam amino di produk ikan seperti asam amino pada ikan salmon, tuna dan lombster

Mengatasi Keluhan Paru-Paru

Berbagai jenis penyakit yang berhubngan dengan kesehatan paru-paru bisa disembuhkan dengan konsumsi rebusan atau uap air liur walet. Beberapa keluhan seperti batuk, TBC, asma, dan kesulitan menelan bisa sembuh. Bahkan air liur walet juga bisa mengatasi berbagai penyakit umum yang membuat badan menjadi lebih lemah termasuk ketika Anda cegukan.

Meningkatkan Nafsu Makan

Tubuh yang lelah karena pekerjaan atau akan sakit biasanya menyebabkan nafsu makan juga menurun. Nafsu makan yang menurun akan membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Untuk mengatasi hal ini maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi 12 gram air liur walet yang sudah dicampur dengan susu, atau dicampur dengan sup dari kaldu tulang sapi.

Mempercepat regenerasi sel

China sudah mengkonsumsi sarang burung selama ratusan tahun, dan sebagian besar orang disana percaya bahwa sarang burung walet terdiri dari beberapa protein dan mineral yang bisa membantu regenerasi dan pertumbuhan sel-sel tubuh, meremajakan kulit,  dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga telah menemukan bahwa sarang burung walet mengandung faktor pertumbuhan epidermal, sehingga para ahli pengobatan di China sering meresepkan sarang burung kepada orang yang mengalami masalah keterlambatan pertumbuhan tanpa sebab yang jelas.

Mengobati Kerusakan Pembuluh Darah

Kerusakan pembuluh darah bisa disebabkan karena pola makan yang buruk seperti konsumsi lemak berlebihan. Penumpukan kolesterol dalam darah bisa merusak pembuluh darah karena bisa menyebabkan pengerasan dan penyempitan arteri ke jantung. Konsumsi air liur burung walet bisa dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga membantu memperbaiki arteri dan mencegah kerasnya pembuluh darah.

Obat Batuk Kering

Batuk kering dengan dahak sedikit maupun tanpa dahak bisa disembuhkan dengan air liur burung walet. Hal ini berarti bahwa paru-paru kekurangan udara sehingga menyebabkan batuk kering.

Cara konsumsi :
  •     campurkan 4 gram air liur walet
  •     7 gram gula batu
  •     rebus dengan air secukupnya kemudian minum untuk tiga atau empat orang
Jika tidak diminum maka bisa dikonsumsi dengan mengambil uap dari perebusan air liur walet.

Meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah laboratorium independen juga telah menunjukkan bahwa sarang burung walet mengandung glikoprotein yang larut dalam air,  yang mempromosikan pembelahan sel yang terdapat dalam sistem kekebalan tubuh. Temuan ini mendukung terhadap kepercayaan yang meyakini bahwa sarang walet bisa mendorong pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh. Tidak hanya itu, sarang burung juga memperkuat kerja fungsi tubuh dan memberikan ketahanan terhadap penyakit.

Secara tradisional, sarang walet ini dikatakan paling efektif terutama untuk anak-anak dan orang tua yang suka sakit-sakitan, namun studi Chinese University di HongKong menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat yang mungkin bermanfaat untuk segala usia. Selain berkhasiat memperkuat sistem kekebalan tubuh, beberapa hasil temuan juga menunjukkan manfaat positif sarang walet bagi metabolisme tubuh.