Beberapa Penyebab Gagalnya Rumah Walet

Beberapa Penyebab Gagalnya Rumah Walet.   Kali ini kami tidak memposting suara walet dulu ya, karena masih trauma nih mau share suara walet karena ada beberapa editor yang gak suka suaranya dibagikan dalam blog ini.   Mungkin lain kali kita akan share lagi suara walet, namun kali ini kami akan membahas beberapa hal yang dapat menyebabkan rumah burung walet akan sulit untuk bisa sukses.

Kami akui pengalaman kami dalam dunia perwaletan masih sangat minim sekali, namun beberapa penyebab gagalnya rumah walet ini kami dapatkan dari referensi beberapa pengalaman petani walet dan melihat keadaan gedung walet mereka yang kebetulan belum bisa dikatakan sukses.
Beberapa Penyebab Gagalnya Rumah Walet
Gambar diambil dari Google Image

Penyebab Gedung Walet Gagal

1.  Suhu dan Kelembapan
Ini juga sangat mempengaruhi perkembangan burung walet pada gedung milik kita pastikan suhu dan kelembapan sudah ideal.   Silahkan baca Suhu dan Kelembapan Ideal Rumah Walet.

2.   Audio Player Walet
Nah kalau untuk urusan audio ini, kebanyakan dari mereka yang gagal pada saat PLN mati audio player juga mati, karena tidak bisa switch langsung ke aki/accu.  Jadi usahakan audio player dapat berfungsi dengan baik atau selalu on 24 Jam untuk membunyikan twitter inap dan on dari jam 5.00 pagi sampai jam 7.30 malam untuk twitter panggil dan tarik.

3.   Twitter
Kebanyakan gedung walet yang gagal yang saya tahu keadaan twitter inap, tarik dan panggil tidak terawat dengan baik, terutama untuk twitter inap, kebanyakan mereka yang gagal kondisi twitter inapnya tidak terawat dengan baik dalam artian ada yang mati, ada yang sudah lemah suaranya.  

Penyebab cepat rusaknya twitter ini biasanya karena pemasangan tidak benar.  Misalnya tidak menggunakan penyolderan untuk sambungan kabel ke twitter, kurang kuat dalam penyambungan kabel, salah dalam menyambungkan + dan - Twitter.

Jadi, usahakan mengganti atau mengontrol speaker pada rumah walet sobat, dan mengganti secara berkala agar suara walet yang dihasilkan tetap stabil dan merata ke seluruh ruang.  

Speaker ini memegang peranan sangat penting dalam dunia perwaletan jangan sampai salah dalam melakukan penataan twitter, untuk formasi pemasangan twitter terserah aja yang penting suara yang dihasilkan merata keseluruh sudut ruangan.  Gunakan naluri pendengaran anda untuk mengetahui tingkat kebisingan suara, pastikan telinga anda tidak sakit pada saat anda berada di ruang inap.

4.  Sirip kotor
Ini terkadang menjadi permasalahan yang sering terabaikan oleh beberapa petani walet, sirip yang kotor yang masih belum dibersihkan.   Jadi usahakan menggunakan papan sirip yang bersih karena burung walet enggan membuat sarang pada sirip yang kotor.

Sirip yang kotor ini bisa disebabkan karena memang pada saat pemasangan awal sudah kotor atau karena pekerja/tukang yang tidak menjaga kebersihan sirip, atau bisa juga karena pada saar papan sirip dipasang masih dalam kondisi basah yang mengakibatkan ditumbuhi jamur kayu.

5.  Sirip sudut tidak rapi
Nah, hampir semua petani bilang bahwa burung walet suka membuat sarang disudut-sudut sirip, nah ini juga terkadang terabaikan.   Usahakan kalau membuat sudut sirip harus press artinya jangan ada jarak pada sudut 90 derajatnya.  Gimana ya ngejelasinnya agak susah sih nyari kata-katanya, kebetulan kami tidak memiliki gambar sudut yang tidak rapi mungkin lain kali kami tambahkan.  Yang jelas usahakan serapi mungkin dalam pemasangan sudut-sudut sirip, eh satu lagi antara plapond atau langit-langit juga jangan sampai ada jarak seperti halnya sudut tadi.

6.  Jenis kayu papan sirip yang tidak disukai walet
Nah untuk yang ini juga bisa menjadi masalah besar dalam budidaya walet, nah yang paling populer didaerah kami untuk kayu sirip yang sudah teruji adalah kayu meranti, sengon dan ulin.   Nah untuk daerah sobat usahakan tanyakan dulu dengan petani walet daerah anda yang sudah sukses.  Dia menggunakan papan sirip apa? supaya tidak salah dalam pemilihan kayu sirip.  

7.  Ruang inap terlalu banyak hama
Nah ini juga menjadi bomerang bagi petani walet, kebanyak petani walet yang gagal kondisi ruangan banyak hama walet seperti kecoa, semut, kutu, kelelawar bahkan yang terparah dimasuki oleh tikus.   Untuk ini usahakan untuk melakukan penyemprotan hama secara berkala pada rumah walet sobat.   Untuk referensi racun hama walet yang bagus bisa baca pada artikel Beberapa Racun Pembasmi Hama Gedung Walet.

8.   Desain dan Tata Ruang
Apabila gedung walet sobat tidak termasuk 7 penyebab rumah walet gagal diatas, maka anda dapat mengetahui desain dan tata ruang sobat sudah bagus atau tidak dengan memastikan ketika setelah 3-4 bulan setelah on suara anda telah melihat minimal 1 sarang burung walet di gedung sobat.  Apabila dalam 3-4 bulan telah ada burung yang membuat sarang berarti dah bagus tuh desain dan tata ruang. 

Bagi sobat petani walet senior mohon dikoreksi jika dalam tulisan kami kali ini ada kesalahan, dan apabila ada penyebab lain mohon juga untuk dapat memberikannya melalui komentar dibawah ini.  Akhir kata semoga artikel kali ini bermanfaat.

2 Responses to "Beberapa Penyebab Gagalnya Rumah Walet"

  1. Sya dkasih swara dari tman hmpir 3 blan g d respon trus twiter tariknya saya sambung ke suara inap. 1 hari rame yg dtang trus hari 2-smpe bbrpa mnggu agak sunyi tipsx gmna tuhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips nya harus sabar bosku. Intinya gini kalau burung walet dah mulai inap di gedung baru tunggu aja dulu sampai dia membuat sarang. Yang penting suhu dan kelembapan telah mencapai ideal. Tinggal perawatan aja seperti penyemprotan hama secara rutin

      Hapus